Emulator Android Gratis Terbaik dan Ringan Untuk PC

Emulator Android Gratis Terbaik dan Ringan Untuk PC

Emulator Android Gratis Terbaik dan Ringan Untuk PC

Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC - Tak dipungkiri pada era saat ini perkembangan gadget sangatlah pesat. Perkembangan gadget ini tentunya diiringi dengan perkembangan Andorid yang juga begitu banyak menyita perhatian penduduk dunia. Faktanya, hampir kebanyakan vendor-vendor mulai mengembangakan aplikasi yang ditujukan khusus untuk Android, baik itu Game, Musik, atau Aplikasi-aplikasi yang awalnya dibuat untuk sistem PC.


Namun, tidak semua Smartphone dapat menjalankan semua aplikasi dalam Play Store. Ada beberapa smartphone yang inkompatible dengan beberapa aplikasi. Untuk mengatasi itu muncullah Emulator Andorid yang dapat dijalankan pada PC Komputer sehingga lebih custom dan dapat diperbaharui setiap saat.

Saat ini banyak sekali Emulator android yang sedang dikembangkan. Emulator-emulator ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Disini saya akan mencoba membantu mereview beberapa Emulator yang saya bagi menjadi 4 kategori yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Gaming Performance
KOPLAYER
Untuk peforma gaming, pilihan saya jatuh ke KOPlayer. Emulator buatan china ini menawarkan berbagai fitur gaming yang mengagumkan namun tetap mempertahankan peforma yang ringan. Pesaing terdekat dari KOPlayer adalah MeMu dan Andy yang juga menawarkan performa gaming yang hebat.

Bisa dilihat pada gambar diatas, KOPlayer menggunakan 2 sistem utama, yaitu Client dan VirtualBox. VirtualBox dikhususkan untuk memperlancar menjalankan aplikasi berat, termasuk gaming sehingga meminimalisir tejadinya lag atau hang pada komputer. Menurut saya, KOPlayer sangat cocok bagi gamer yang ingin memainkan game-game berat pada operasi android. 

 Beberapa Fitur unggulan KOPlayer adalah :
1. Multibahasa, Multiakun
2. Advanced Setting untuk Graphic dan Peforma Emulator (Resolusi, CPU Usage,dll)
3. Support prosesor Intel dan AMD
4. Support keyboard, mouse, joystick, dan gamepad
5. Kompatibel dengan semua game dan aplikasi pada Google Play
Download KOPlayer : Official Site


Lightest Performance
LEAPDROID
  LeapDroid adalah pilihan saya jika harus memilih emulator mana yang paling ringan yang digunakan pada PC. Selain gratis, emulator ini memiliki tampilan yang simple dan smooth dalam menjalankan aplikasi. Sayang, pendiri LeapDroid, Huan Ren and Huihong Luo, memutuskan untuk bekerja pada Google dan menghentikan project LeapDroid. Meski begitu, dalam versi terbarunya, LeapDroid sudah menggunakan android stable versi KitKat. Pesaing terdekat LeapDroid yang juga mengklaim memiliki emulator yang ringan adalah Youwave, Droid4x, Genymotion (berbayar), dan AmiDuos (berbayar). 
Karena Project LeapDroid dihentikan, maka seluruh support tidak akan ditanggapi oleh developer. Fitur Leapdroid juga belum sepenuhnya lengkap dan mungkin beberapa aplikasi yang hanya bisa dijalankan diatas  android versi 4.4 tidak akan bisa bekerja pada emulator ini. Terlepas dari itu LeapDroid sangatlah ringan dari segi performa, cocok bagi anda yang memiliki spek low-end PC karena hanya sedikit membebani RAM dan CPU Usage.
Download LeapDroid Google Drive


Best Compability, Feature, and User Friendly
NOX APP PLAYER
Fitur yang lengkap dan dilengkapi fitur drag and drop files yang memudahkan untuk memindahkan data dari komputer ke emulator membuat saya tidak ragu menempatkan Nox App Player dalam kategori emulator dengan kompabilitas yang paling baik. Kompabilitas dalam hal ini adalah penggunaannya yang sangat mudah, jarang mengalami crash dan blank dalam menjalankan aplikasi, dan dapat digunakan dalam hampir seluruh sistem operasi baik Windows, Linux, maupun Mac. Pesaing terdekat BigNox ini adalah Bluestack
Download NOX App Player :  Official Site
 

Best Complex Emulator
ANDROID STUDIO
Bagi anda yang suka mengembangkan aplikasi dalam android, Android Studio adalah jawaban yang tepat. Android Studio bukan hanya sekedar emulator, Android Simulator juga dapat mengedit, membuat, dan mencoding sebuah aplikasi dalam OS Android. Karena merupakan satu bundle pack yang kompleks, ukuran file dari Android Simulator juga butuh kapasitas yang lumayan besar, yakni sekitar 1,7 GB hinnga 2 GB. Android Simulator sangat cocok bagi anda yang ini mengembangkan sebuah aplikasi dalam android sekaligus mencobanya langsung sebelum diluncurkan ke dalam Play Store. Pesaing terdekat Android Simulator adalah Remix OS Player
Download Android Studio : Official Site


Itulah sedikit review saya tentang beberapa emulator android yang sedang popular saat ini. Jika anda memiliki pendapat lain tentang emulator android yang paling baik untuk PC anda, mari kita diskusikan di kolom komentar. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih
Bagikan Artikel ini Agar Bermanfaat
Bagikan artikel ini dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar tentang "Emulator Android Gratis Terbaik dan Ringan Untuk PC"

ummmmaaaa nice and well

Balas Hapus

chip koma sir kory na meri kosana

Balas Hapus

Perhatian!
• Berkomentarlah relavan dengan artikel
• Dilarang mencantumkan link hidup, promosi, porno, SARA, anarkis, dll
• Komentar yang melanggar akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Gunakan kode <i rel="image">URL GAMBAR DI SINI</i> untuk menyertakan gambar di komentar

Tampilkan Emoticon

Gunakan konversi parse HTML tool jika ingin menyertakan kode
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box