Setelah Bertahun-Tahun Gagal, Akhirnya diterima Google Adsense

Setelah Bertahun-Tahun Gagal, Akhirnya diterima Google Adsense

Setelah Bertahun-Tahun Gagal, Akhirnya diterima Google Adsense

Ditulis oleh : Oktober 16, 2017
Setelah Bertahun-Tahun Gagal, Akhirnya diterima Google Adsense - Pada post kali ini saya akan sedikit curhat tentang bagaimana perjuangan blog ini untuk mendapatkan jasa Adsense. Mungkin terlihat alay atau mungkin anda berfikiran saya sombong. Entahlah, itu terserah dari individu masing masing dan dari mana sudut pandang serta bagaimana cara anda memandang saya. Saya disini bertujuan hanya berbagi pengalaman dan cerita perjuangan blog ini sebelum akhirnya sekarang diterima sepenuhnya oleh Adsense. Cerita ini sepenuhnya nyata dan tanpa saya rubah ataupun modifikasi sedikitpun. Saya harap anda dapat memetik pengalaman dan pelajaran dari membaca curhatan saya ini.

Dimulai dari tahun 2010, akun email yang saya gunakan saat ini membuat blog dengan alamat url yaitu http://www.rizaldipriantama.blogspot.com. Saat itu blog ini hanya untuk memenuhi tugas sekolah saja. Hingga pada tahun 2011, tepatnya saya duduk di kelas 8 SMP, ketertarikan saya akan blog semakin kuat dan mulai menulis artikel dengan mengurangi copas atau re-write. Hingga pada akhirya puncak keemasan blog ini yaitu pada tahun 2013. Pada tahu tersebut, blog ini memiliki rata-rata visitor 5000 pageview/hari. Sempat saya memikirkan untuk memasang iklan pada blog ini. Namun setelah saya daftar Adsense Hosted, umur saya belum mencukupi saat itu (17 tahun). Saya sama sekali tidak mengenal istilah Adsense Non-Hosted hingga JV Adsense saat itu, sehingga saya pasrah dan memilih menunggu hingga umur saya mencukupi untuk memasang Adsense.

Pada tahun 2014, saya mengalami titik jenuh dalam blogging serta juga mendapati masalah koneksi. Begitu pula pada tahun setelahnya, 2015, yang harus disibukkan dengan UN SMA. Hal itu terus berlanjut hingga pada akhirnya pada tahun 2016 saya mulai mengaktifkan kegiatan blogging lagi dengan menata ulang tampilan blog, mere-write dan seleksi postingan lama, dan juga membalas komentar pengunjung yang masuk. Dampak dari vacuum blog pun terasa, pageview yang awalnya 5000/hari harus dibayar dengan anjloknya statistik. Pada akhir tahun 2016, turun ke angka 700 pageview/hari. Saya pun sempat mencoba untuk mendaftarkan Adsense dengan akun email ini. Pada tahap ini, menunggu review sangat lah lama. Lebih dari 2 minggu mungkin saya harus menunggu review dari Google. Karena saya gak sabaran dan kecewa, saya memutuskan untuk menarik permintaan Adsense saya dengan mengirim Feedback ke Adsense dengana harapan mendaftarkannya ulang nanti. Namun ternyata, keputusan saya ini salah, karena ternyata sebelum saya mengirim Feedback ke Adsense, sebenarnya saya mendapat email dari Adsense bahwa akun saya diterima sepenuhnya. Alhasil, akun saya dibatalkan dan hak iklan saya dicabut Adsense. Saya pun hanya merasakan indahnya iklan Adsense dalam waktu kurang dari sehari. Mungkin anda dapat membayangkan betapa sakitnya dan menyesalnya saya saat itu. Saya pun mencoba kembali mendaftar ulang Adsense, namun selalu ditolak dengan alasan : Konten tidak Memadai ataupun Navigasi situs Sulit.

Pada 2017, saya memutuskan untuk merenovasi blog saya dengan bantuan teman-teman dari komunitas blogger. Dari komunitas disitu juga saya mendapat saran untuk mencoba untuk memakai email fresh dan mencoba kembali untuk mendaftarkan blog kita dengan domain TLD dan bukan bawaan blogger (Non-Hosted). Setelah itu, pada bulan Agustus 2017 saya memutuskan untuk membeli domain http://www.rizaldipriantama.com, saya mencoba kembali peruntungan di Adsense. Kali ini review berjalan dengan cukup lama, lebih dari seminggu. Di saat menunggu inilah saya mendapat cara dapat SSL (https) gratis dari Cloudfare. Saya pun mendaftarkan blog saya disana, setelah mengganti DNS dan setting akun, saya pun mendapat SSL gratis tersebut. Namun, https pada blog saya mengalami masalah crash dengan javascript. Setelah melakukan optimasi, saya pun akhirnya memutuskan untuk mencabut SSL dari Cloudfare tersebut dengan mengembalikannya ke DNS awal di tempat saya membeli domain. Namun apa yang terjadi ? Blog saya tidak bisa diakses. Setelah berkonsultasi dengan CS tempat saya membeli hosting, barulah saya dapat mengakses blog saya dengan bebarengan email dari Adsense bahwa akun saya ditolak dengan Alasan Kepemilikan Domain.

Saya terus mencoba mendaftarkan Adsense terus setelah itu, dengan komitmen HARUS SABAR dan SEMANGAT. Pada bulan September 2017, saya mendapatkan email balasan dari Google, bahwa akun saya telah Full Approve. Karena terlalu senang dan semangatnya, saya langsung memasangnya pada blog. Namun, iklan di blog saya tidak kunjung muncul, dan hanya bertampilan BLANK. Karena prinsip saya diawal tadi sabar, sayapun mencoba sabar dan tetap melanjutkan kegiatan posting dan blogger seperti biasa. 2 Minggu terlah berlalu, Adsense saya masih saja BLANK. Saya pun mencoba mengaitkan Adsense Non-Hosted ini dengan Hosted di blogger dengan akun berbeda. Namun, hal tetap saja iklan tak kunjung muncul. Beberapa kali saya sudah melakukan Feedback ke Google, namun tidak ada balasan dan tanggapan darisana. Akhirnya, disinilah saya beranggapan bahwa Adsense saya ini mengalami error dan bug. Saya pun memutuskan menghapus email tersebut. Setelah beberapa kali mendaftar dengan email baru, ternyata email baru tersebut tidaklah boleh berkaitan dengan email lama, baik dari segi nama, nomer HP, dan alamat email. Apabila akun anda sama dan terkait, akan mendapati email balasan bahwa akun email anda terkait dengan akun email lama. Tentunya ini akan ditolak mentah mentah oleh Google yang sebelumnya email saya masuk ke Blacklist Google.


Hingga pada akhirnya, pada 15 Oktober 2017, ketika saya membuka email, mendapat balasan bahwa akun saya telah disetujui sepenuhnya (lagi). Jujur, saat itu saya was-was karena sudah 2 kali saya sebenarnya mendapat email seperti ini, dan 3 tahun saya menunggu namun harus diakhiri dengan pil pahit. Namun kali ini setelah saya memasang di blog, Adsense ini langsung muncul, dan mungkin anda bisa membayangkan betapa bahagianya saya saat itu.
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan bedasarkan pengalaman nyata saya dengan blog ini bersama Adsense. Jika anda memiliki pertanyaan seputar Alhamdulillah, Akhirnya diterima Google Adsense. Silahkan layangkan pada kolom komentar. Terima kasih

Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih