15 Fitur Lain Google Selain Sebagai Mesin Pencarian

15 Fitur Lain Google Selain Sebagai Mesin Pencarian

15 Fitur Lain Google Selain Sebagai Mesin Pencarian

Ditulis oleh : November 22, 2017
15 Fitur Lain Google Selain Sebagai Mesin Pencarian - Siapa yang tak kenal Google ? situs yang terkenal dengan kegunaannya sebagai mesin pencari ini memang seakan tak bisa lepas dari kehidupan manusia sekarang. Dunia saat ini seakan semakin sempit dan pekerjaan manusia semakin dipermudah dengan adanya perusahaan asal Amerika ini. Berawal dari situs mesin pencari, kini perusahaan Google berkembang dan terus melebarkan sayapnya dengan mengembangkan teknologi terbaru dan tak hanya sebatas media pencarian saja.



Mungkin belum banyak yang tahu, jika situs Google.com (atau Google.co.id versi Indonesia) tidak hanya dapat digunakan sebagai media pencarian saja. Ada fitur dan kegunaan lain yang dapat  kita gunakan untuk mempermudah dan membantu pekerjaan kita sehari-hari. Apa saja itu ? Simak ulasannya berikut

1. Kalkulator
Ternyata Google juga terdapat fitur Kalkulator. Fitur kalkulator ini dapat mempermudah kita untuk menghitung secara cepat dan akurat. Fungsi Google Calculator ini dapat kita akses dengan mengetikkan "Calculator" atau "Kalkulator" pada kotak pencarian Google. Namun, dalam fitur kalkulator google ini belum memiliki fitur yang dapat menghitung persamaan aljabar dan fungsi matematika yang terbatas.
Sumber : Google Kalkulator


2. Perkiraan Cuaca
Jika anda ingin mendapatkan informasi seputar perkiraan cuaca di daerah anda. Google Weather dapat menjadi pilihan utama yang anda gunakan. Google bekerja sama dengan situs weather.com, menyajikan informasi akurat seputar perkiraan cuaca, suhu, curah hujan, dan kecepatan angin yang dapat kita lihat perubahan per jamnya secara praktis. Fungsi Google Weather ini dapat kita akses dengan mengetikkan "Weather" atau "Cuaca" pada kotak pencarian Google. Selain itu, anda juga dapat melihat kondisi cuaca di suatu daerah dengan menambahkan nama kota di depannya. Contoh Cuaca Lamongan, Cuaca Surabaya, dan lain sebagainya. Anda dapat melihat perkiraan cuaca ini hingga timeline 1 minggu kedepan.
Sumber : Google Weather


3. Cek Jam 

Bila anda ingin mensetting jam anda dengan keakuratan yang presisi, anda harus mencoba Google Time Now. Dengan data GPS Google yang akurat, anda tidak perlu khawatir untuk salah atau terlambat karena waktu. Fungsi Google Time Now ini dapat kita akses dengan mengetikkan "Time Now" atau "Waktu Sekarang" pada kotak pencarian Google. Selain itu, anda juga dapat mengecek zona waktu di suatu daerah. Caranya dengan menambahkan nama daerah di depannya. Contoh Time Bali, Time Merauke, Time Medan, dan lain sebagainya. Namun, Google Time Now hanya menyajikan waktu dengan format jam dan menit saja.
Sumber : Google Time Now


4. Konversi Mata Uang 
Google dapat anda manfaatkan untuk melihat jumlah satuan mata uang yang akurat. Anda dapat memanfaatkannya untuk memantau nilai naik turunnya nilai satuan mata uang. Misalnya dari USD ke IDR atau IDR ke USD. Fungsi ini dapat kita akses dengan mengetikkan "[Mata Uang] to [Mata Uang]" atau "[Mata Uang] ke [Mata Uang]" pada kotak pencarian Google. Contohnya, Dollar to Rupiah atau Rupiah ke Dollar.



5. Konversi Satuan
Mungkin bagi anda yang sedang bersekolah membutuhkan konversi satuan hitung secara cepat dapat memanfaatkan Google sebagai alat bantu konersi satuan hitung anda. Misal anda ingin mengetahui persamaan 1 Joule = berapa Kalori atau 1 Km = berapa desimeter dan sebagainya. Fungsi Konversi ini dapat kita akses dengan mengetikkan "[Jumlah Satuan] [Nama Satuan]" pada kotak pencarian Google. Contohnya Joule Kalori, Kilometer Meter, dan sebagainya.



6. Terjemahan Bahasa
Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan fitur Google Translate. Nah, jika anda ingin menggunakannya anda tidak harus untuk pergi ke laman Google Translate terlebih dahulu. Google menyediakan shortcut cepat untuk mengakses terjemahan. Cukup ketikkan "[Bahasa1] [Bahasa2]" pada kotak pencarian Google. Contohnya English Indonesia, Arabic Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.
Sumber : Google Translate

7. Main Game
Google Search juga menyediakan permainan yang anda dapat mainkan ketika anda bosan dan bingung ingin melakukan apa saat browsing. Permainan yang google berikan kebanyakan cenderung game berukuran kecil dan klassik. Contohnya seperti Pacman, Google Snake, Attari Breakout, dan lain sebagainya
Baca Juga : 6 Game Seru Tersembunyi di Pencarian Google



8. Animal Sounds
Ternyata Google juga mempunyai fitur unik. Yaitu fitur Google Animal Sound.  Fitur ini memungkinkan kita untuk mendengarkan berbagai macam suara hewan yang sesungguhnya. Misal suara Gajah, Musang, Singa, Kuda, Bebek, Kucing, Paus, dan masih banyak lagi. Untuk mencoba fitur ini, cukup ketikkan Animal Sounds pada pencarian google.
Sumber : Google Animal Sounds

9. Metronome
Bagi anda pecinta musik, Google menyediakan fitur Metronome. Fitur ini membuat kita dapat mendengarkan ketukan yang dapat kita atur iramanya. Dengan fitur ini anda dapt mengatur tempo musik anda agar sesuai dan enak didengar. Untuk mencoba fitur ini, cukup ketikkan Metronome pada pencarian google.

Sumber : Google Metronome


10. Info Penerbangan
Google menyediakan Google Flights yang memberikan informasi mengenai estimasi waktu penerbangan dan biaya normal yang dibandrol oleh maskapai. Anda juga dapat memesan tiket secara langsung melalui Google Flights ini. Untuk menggunakan fitur ini cukup mengetikkan kota A kota B pada kolom pencarian Google. Contohnya, Surabaya Balikpapan, Bali Jayapura, dan lain sebagainya.


11. Data Penduduk Pemerintah
Google juga menyediakan informasi mengenai jumlah penduduk di suatu negara atau daerah. Data ini langsung diambil bedasarkan sensus yang dilakukan oleh badan statistik setempat. Untuk mencoba fitur ini, cukup ketikkan Jumlah Penduduk [Daerah]. Contohnya Jumlah Penduduk Sidoarjo, Jumlah Penduduk Mojokerto, dan lain sebagainya.


12. Define
Google menyediakan fitur penjelasan lengkap seperti kamus bahasa inggris. Dengan fitur ini anda tidak perlu lagi membawa kamus bahasa inggris yang biasanya sangat tebal. Untuk menggunakan fitur ini, anda dapat memasukkan di kolom pencarian google dengan format define:verb. Contohnya, define:eat, define:sleep dan lain sebagainya.


13. Info Olahraga
Dari segi olahraga, Google dapat anda gunakan untuk melihat live score dalam pertandingan-pertandingan olahraga. Tabel Klasemen dan Jadwal Pertandingan terbaru pun dapat anda ketahui hanya dengan menggunakan pencarian google. Untuk menggunakan fitur ini, cukup masukkan kata kunci yang anda inginkan. Misalnya Indonesia Vs Malaysia, Klasemen Liga Inggris, dan lain sebagainya.


14. Cek Kalori Makanan
Dari segi kesehatan, Google dapat anda gunakan untuk cek kalori suatu bahan makanan. Sangat cocok bagi anda yang mungkin ingin membuat resep dengan kandungan gizi yang cukup dan baik. Untuk menggunakan fitur ini, cukup masukkan kata kunci kalori [nama bahan makanan]. Misalnya Kalori Keju, Kalori Beras, dan lain sebagainya.


15. Google Cache, Lihat Konten Terblokir
Google juga dapat dipergunakan sebagai media cache, sehingga kita akan bebas membuka situs-situs yang sebelumnya telah terblokir atau server down.

Google Web Cache ini dapat kita gunakan dengan cara memasukkan link kita ke http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:example.com/ ganti example.com dengan nama situs yang ingin anda buka.


Sebenarnya, masih banyak lagi fitur yang kita dapat gunakan dalam Google. Jika memang anda memiliki pendapat lain, usulan, saran, dan tanggapan anda terhadap artikel 15 Fitur Lain Google Selain Sebagai Mesin Pencarian maka silahkan layangkan pada kolom komentar. Terima Kasih
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih