Cara Install Bash Linux di Subsystem Windows 10

Cara Install Bash Linux di Subsystem Windows 10

Cara Install Bash Linux di Subsystem Windows 10

Ditulis oleh : Desember 06, 2017
Cara Install Bash Linux di Subsystem Windows 10   - Sejak Windows 10 Anniversary Update, kini sistem operasi windows mulai diintegrasikan dengan sistem operasi Linux. Fitur ini sebenarnya merupakan bagian dari Project Astoria yang memiliki tujuan mengintegrasikan sistem operasi android dengan windows. Fitur bash dalam windows 10 ini bukanlah VMachine atau emulator, melainkan sebuah subsystem. Sehingga akan lebih ringan dan tidak memakan memori.

Kita juga tidak perlu mempartisi harddisk, install ulang, ataupun dualbooting dengan windows.  Jadi dengan sebuah fitur full bash shell, kita dapat menggunkan perintah-perintah pada Linux Ubuntu dalam OS Windows dengan lebih mudah. Fitur ini dinamakan Windows Subsystem Linux. Sebenarnya, fitur WSL (Windows Subsystem Linux) ini  telah ada secara default namun non-aktif pada Windows 10. Namun, untuk menggunakannya kita perlu mengaktifkan Mode Developer pada Windows 10.

Keterbatasan Subsystem Linux pada Windows 10
Microsoft telah bekerja sama dengan Canocial (sebuah perusahaan open source Ubuntu). Walaupun demikian karena masih dalam masa percobaan, Fitur Windows Subsystem Linux ini tentunya masih memiliki keterbatasan dibanding dengan sistem operasi Linux sebenarnya. Adapun beberapa keterbatasan tersebut adalah :
  1. Linux subsystem ini hanya dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah dasar. Belum dapat digunakan sebagai platform software server/grafik berbasis linux
  2. Command Linux hanya dapat digunakan dalam Full bash shell dan tidak dapat digunakan dalam command prompt atau windows power shell
  3. Meskipun WSL dapat mengakses file yang ada pada windows, namun fitur ini masih belum dapat digunakan untuk otomatisasi (cronjob) pada Windows.

Jika anda tertarik untuk mencoba install Linux pada Windows 10 sebagai subsystem, ikuti petunjuk dibawah ini :
1. Pastikan anda menggunakan koneksi internet untuk keperluan download komponen windows
2. Pastikan versi Windows 10 adalah 64 bit dan menggunakan update terbaru (Anniversary/Fall Creator Update)

1. Pertama, kita aktifkan dulu Mode Developer, agar fitur bash linux mendapat akses Root. 
Caranya buka Setting > Update & Security > For Developers > Developer Mode


2. Setelah diaktifkan, Windows akan otomatis mendownload beberapa file yang diperlukan untuk menggunakan mode developer. Tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.

3. Setelah itu aktifkan fitur Windows Subsystem Linux pada windows anda.
Caranya buka Control Panel > Programs > Turn windows features on or off > centang Windows subsystem for linux (Beta) > pilih OK


4. Setelah itu, windows akan melakukan update windows, tunggu hingga proses download dan instalasi selesai. Selanjutnya, windows akan melakukan restart otomatis.

5. Setelah berhasil instalasi & restart windows. Sekarang anda telah dapat menggunakan Bash Shell Linux pada windows anda.
Buka Command Prompt > lalu ketikkan bash > Enter


6. Anda dapat menggunakan berbagai macam command syntax Linux pada tampilan Bash ini

7. Anda juga dapat menggunakan Software Ubuntu pada Microsoft Store untuk menjalankan Bash Linux ini.

Download via Microsoft Store : Ubuntu


Jika anda memiliki pertanyaan seputar Cara Install Bash Linux di Subsystem Windows 10. Layangkan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih