Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows

Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows

Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows

Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows - Bagi orang seperti saya, yang memiliki konektivitas yang tidak begitu lancar pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ping. Namun, apakah anda sudah tahu, sebenarnya apa sih ping itu dan kegunaannya dalam jaringan dan internet seperti apa ? mari kita bahas tuntas disini

PENGERTIAN PING
Ping adalah singkatan dari Packet InterNet Gopher yang merupakan sebuah program utilitas / perintah yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

SEJARAH PING 
Pada akhir tahun 1983, seorang peniliti di  Ballistic Research Laboratory bernama Mike Muuss membuat sebuah data program awal mula sebuah ping sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan. Menurutnya, asal mula nama "ping" berasal dari suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang akan berbunyi jika sinyal yang dipancarkan memantul karena terhalang oleh sebuah benda. Pada awalnya ping digunakan oleh sistem operasi linux saja, namun  saat ini telah diterapkan pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

CARA KERJA PING
Cara kerja ping sendiri sebenarnya seperti kita saat menggunan internet, yaitu melakukan upload (mengirim data ke server) dan download (menerima data dari server). Namun bedanya, data yang dikirim secara defaultnya sangat kecil, yaitu hanya 32 bytes data. Dari proses tersebut, ping dapat mengeahui waktu yg tertempuh dalam sekali ping (sekon) dan juga data yang hilang/loss (%) dalam proses ping tersebut. Tentu saja, data dari ping ini dapat menentukan kualtias dari hubungan jaringan yang kita gunakan.

Contohnya, jika anda ingin menguji koneksi LAN anda dengan komputer lainnya yang memiliki IP 192.168.1.1, kita dapat menggunakan bantuan command prompt untuk menjalankan perintah ping.

1. Buka Command Prompt (run as administrator)
2. ketikkan ping [IP yang kita tuju] , disini saya mencontohkan IP 192.168.1.1 Lalu tekan Enter

Jika koneksi anda baik dan terhubung, maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Dalam gambar tersebut terdapat beberapa data sebagai berikut : 

Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data:
Reply from  192.168.1.1: bytes=32 time=3ms TTL=64
Reply from  192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=64
Reply from  192.168.1.1: bytes=32 time=2ms TTL=64
Reply from  192.168.1.1: bytes=32 time=3ms TTL=64

Ping statistics for  192.168.1.1:
    Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
    Minimum = 1ms, Maximum = 3ms, Average = 2ms

Keterangan :
  • Dalam gambar tersebut menjelaskan bahwa kita telah melakukan ping sebesar 32 bytes yang dikirim dan diterima lagi oleh kita dalam waktu 3 milisekon. 
  • Sementara TTL (Time to Live) adalah waktu maksimal yang dibatasi untuk satu ping. Jadi, setelah ping yang kita lakukan tadi, 32 bytes data tadi akan dihapus jika sudah melewati batas waktu tersebut. Sehingga data 32 bytes tersebut tidak beredar dan memenuhi memori kita. Nilai  TTL dapat berkurang jika ping melewati sebuah router. Semakin banyak router, maka nilai TTL akan semakin kecil dari awalnya. Dalam gambar tersebut nilai TTL konstan menandakan tidak ada router yang tersambung.
  • Dalam Ping Statistic kita memperoleh : Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss), yang merupakan kesimpulan dari proses ping yang kitalakukan tadi. Sent=4 Received=4 menandakan data yang kita kirim lengkap, dikirim 4 dan diterima juga 4, dengan loss/gangguan jaringan sebesar 0%. Semakin kecil nilai Loss semakin baik sebuah konektivitas jaringan tersebut. 
Mengatur Besaran Data Ping
Dalam proses ping, kita juga dapat mengatur besaran data yang akan kita kirimkan, tidak harus 32 bytes data. Caranya cukup menambahkan kode -l [besar data], contohnya kita ping lagi IP 192.168.1.1 dengan besaran data 1000 bytes, maka perintahnya ping -l 1000 192.168.1.1 , hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini

Mengatur Ping agar Berulang terus menerus
Dalam proses ping, agar kita dapat memantau terus konektivitasi yang kita gunakan dapat menggunakan kode perintah -t untuk membuat ping tidak terbatas oleh waktu, dan akan berulang melakukan proses terus menerus tanpa berhenti. Contohnya kita ingin ping lagi 192.168.1.1 dengan format -t, maka perintahnya menjadi ping 192.168.1.1 -t

Ping ini akan berjalan terus hingga kita menutup jendela command prompt.


Ping Google (Ping URL)
Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengecek konektivitas jaringan internet kita adalah dengan melakukan ping terhadap server google. Sebenarnya tidak harus google, namun tidak dipungkiri google adalah laman yang ringan yang bisa dijadikan acuan untuk melakukan test ping konektivitas sehingga tidak memakan banyak kuota. caranya cukup ketikkan peintah ping google.com atau ping domainanda.com

Semakin kecil time yang didapat, maka semakin lancar koneksi yang anda terima sehingga proses browsing akan semakin nyaman.Normalnya ping google di Indonesia berkisar 30-70ms.

Request Time Out
Request time out adalah keterangan yang menandakan bahwa koneksi anda sedang dalam masalah atau tidak terhubung sehingga data yang dikirim tidak kunjung kembali untuk dapat diterima. Jika anda menemukan masalah ini, segera cek koneksi jaringan anda.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows silahkan layangkan pada kolom komentar

Bagikan Artikel ini Agar Bermanfaat
Bagikan artikel ini dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar tentang "Penjelasan Lengkap dan Fungsi Ping pada Windows"

Perhatian!
• Berkomentarlah relavan dengan artikel
• Dilarang mencantumkan link hidup, promosi, porno, SARA, anarkis, dll
• Komentar yang melanggar akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Gunakan kode <i rel="image">URL GAMBAR DI SINI</i> untuk menyertakan gambar di komentar

Tampilkan Emoticon

Gunakan konversi parse HTML tool jika ingin menyertakan kode
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box