Ini Alasan facebook.com Berubah Menjadi web.facebook.com

Ini Alasan facebook.com Berubah Menjadi web.facebook.com

Ini Alasan facebook.com Berubah Menjadi web.facebook.com

Ditulis oleh : Oktober 02, 2017
Ini Alasan facebook.com Berubah Menjadi web.facebok.com - Sadarkah anda jika anda membuka salah satu situs media sosial terbesar yaitu facebook pada url https://www.facebook.com akan dialihkan ke https://web.facebook.com. Entah sejak kapan facebook me-redirect alamat homepagenya ke subdomain web, tidak ada penjelasan resmi yang diberikan oleh facebook.

Memang, sebenarnya subdomain web.facebook.com sudah tidak asing lagi bagi Facebook. Mungkin kemunculannya berbarengan dengan hadirnya m.facebook untuk versi mobile maupun 0.facebook yang dapat diakses secara gratis. Subdomain facebook pun sudah kita kenal sejak lama, seperti saat kita membuka game facebook di apps.facebook.com maupun developers.facebook.com yang memiliki kegunaan yang berbeda.

Awalnya, saya kira pihak facebook ingin memetakkan pengguna dekstop dengan pengguna smartphone/mobilenya, dengan cara auto redirect url. Namun ternyata setelah saya selidiki,  tidak semua orang dialihkan ke subdomain web.facebook.com ini, saya pun semakin penasaran dan mulai melakukan percobaan.

Percobaan pertama, ketika saya mengakses facebook menggunakan sebuah modem dengan provider Indos*t, saya selalu diarahkan ke subdomain web.facebook.com. Lalu saya cek ke komputer teman saya yang menggunakan modem dengan provider Tr*, hasilnya facebook tidak ter-redirect ke web.facebook.com dan tetap pada domain www.facebook.com. Dari sinilah saya mulai menemukan titik terang.

Percobaan Kedua, karena masih penasaran dengan kasus satu ini, kali ini saya mencoba menggunakan VPN untuk mendapatkan IP luar negeri. Setelah saya mencoba salah satu IP luar negeri, United Kingdom, hasilnya facebook saya tidak teredirect ke web.facebook lagi.

Dari sini dapat saya simpulkan bahwa tidak semua pengguna facebook di-redirect ke halaman web.facebook.com, tergantung dari Provider yang anda gunakan dan Negara yang kamu tempati saat ini. Hal ini tergantung sesuai kebijakan provider maupun negara masing-masing.

Apa bedanya www.facebook.com dengan web.facebook.com ? 
Secara keseluruhan, web.facebook.com akan lebih aman karena terenkripsi dengan sub domain. Sementara itu jika anda perhatikan, kecepatan akses web.facebook.com akan lebih cepat dikarenakan server yang lebih lenggang daripada bandwith www.facebook.com. Namun, dari segi tampilan tidak ada bedanya

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Ini Alasan facebook.com Berubah Menjadi web.facebok.com, silahkan layangkan pada kotak komentar. Terima Kasih
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih