Apa Perbedaan Partisi Harddisk MBR dan GPT ?

Apa Perbedaan Partisi Harddisk MBR dan GPT ?

Apa Perbedaan Partisi Harddisk MBR dan GPT ?

Apa Perbedaan Partisi Harddisk MBR dan GPT ?

Apa Perbedaan Partisi Harddisk MBR dan GPT ? - Partisi Harddisk merupakan hal yang penting bagi pengguna PC. Tidak mungkin jika kita menyimpan semua data kita hanya dalam 1 partisi saja. Sebenarnya sistem penggunaan partisi harddisk saat ini terbagi menjadi 2 teknologi, yaitu MBR dan GPT.

MBR ( Master Boot Record )
 Adalah jenis partisi harddisk standar lama yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak pengguna PC di dunia. Dalam sistem MBR, anda hanya dibatasi menggunakan 4 primary partition dalam hard drive anda. Keempat partisi tersebut merupakan partisi utama dalam harddisk, selebihnya akan termasuk extended-partition yang dapat dibuat sub-sub partisi didalamnya. MBR sendiri menggunakan sistem 32-bit untuk merecord partisi, tentunya tiap partisi dari MBR akan terbatas, maksimal hanya bisa mencapai ukuran 2 Terabytes. Berikut ini adalah skema dari sistem partisi MBR :



Dari gambaran di atas bisa kita lihat dalam MBR hanya memiliki 4th partition, artinya hanya dapat memiliki empat (4) partisi di dalam sebuah hardisk tipe MBR. Selain itu, Primary partition ini merupakan satu satunya tempat untuk menangani informasi partisi. Jadi jika suatu saat terjadi masalah (corrupted), maka seluruh hardisk tidak akan bisa dibaca.


GPT ( GUID Partition Table )

GPT merupakan standart terbaru dalam teknologi partisi hardisk. Menggunakan teknologi GUID (Global Enique Indentifiers) untuk menerjemahkan sebuah partisi. GPT merupakan bagian yang tak terpisahkan dari adanya UEFI yang mulai menggantikan posisi dari BIOS.

Jadi untuk bisa menggunakan UEFI harus menggunakan partisi tipe GPT. Karena GPT adalah teknologi terbaru, sistem partisinya akan unlimited, meskipun sebenarnya hanya terbatas pada 128 partisi, namun hal ini terbilang jauh berbeda dengan MBR yang hanya dapat membuat 4 partisi saja. Selain itu, tidak seperti MBR yang hanya terbatas pada kapasitas 2 TB tiap partisi, GPT mampu menyimpan hingga 9,44 ZB (Zettabytes) tiap partisinya. Dimana 1 Zettabytes setara dengan 1.000.000  Terabytes. Untuk Skema dari GPT dapat dilihat pada gambar dibawah ini


Dari skema tabel GPT di atas, terdapat primary GPT dan secondary GPT. Ini yang membuat GPT lebih unggul dibanding dengan MBR. GPT dapat menyimpan backup header dan tabel partisi di akhir hardisk. Jadi memungkinkan untuk recovery jika terjadi corrupt/rusak pada tabel primary partisi.

Namun, dalam beberapa kasus penginstallan windows, GPT hanya support format USB FAT32 dan MBR hanya support format NTFS. Sehingga Partisi GPT haruslah menggunakan UEFI sebagai sistem BIOS mereka. Sementara MBR menggunakan Legacy BIOS. Untuk pengkonversian Partisi MBR ke GPT atau sebaliknya dilihat di Konversi Partisi MBR ke GPT atau sebaliknya

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan partisi MBR dan GPT. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah postingan ini

refference :
http://www.disk-partition.com/gpt-mbr/difference-between-mbr-and-gpt-1203.html
http://www.howtogeek.com/193669/whats-the-difference-between-gpt-and-mbr-when-partitioning-a-drive/
http://windoten.blogspot.co.id/2016/05/perbedaan-gpt-dan-mbr.html
Jika bermanfaat, Bantu bagikan artikel ini ke teman anda dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Lebih Baru
Next Post
Lebih Lama
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih