Tips Cepat Mendapat Sitelink dari Google

Tips Cepat Mendapat Sitelink dari Google

Tips Cepat Mendapat Sitelink dari Google

Ditulis oleh : Desember 03, 2017
Tips Cepat Mendapat Sitelink dari Google - Google sitelink memang menjadi hal yang istimewa jika dimiliki oleh seorang blogger. Dengan adanya sitelink ini, otomatis secara tidak langsung blog anda telah diakui oleh Google. Sebenarnya Google sitelink ini telah ada sudah cukup lama di pencarian google dan hingga saat ini masih diburu oleh para blogger.

Bagi anda yang belum mengetahui seperti apa sitelink yang saya maksud, anda bisa mencoba mengetikkan kata kunci rizaldi priantama di kotak pencarian Google. Akan muncul tampilan pencarian google seperti gambar dibawah ini

Perlu diketahui bahwa Google Sitelink ini tidak dapat anda pasang dengan sendiri di blog anda. Google yang akan otomatis memberikan sitelink kepada blog anda. Google memberikan sitelink ini bukanlah tanpa alasan. Tidak semua situs akan mendapat hadiah sitelink. Sitelink akan didapat jika blog atau situs anda telah memenuhi kriteria tertentu. Google tidak memberi penjelasan secara terbuka mengenai hal ini. Namun, banyak blogger berkata bahwa sitelink akan didapat jika kita memiliki 4 poin penting dari sebuah blog. Diantaranya adalah :


  • Konten Berkualitas



  • Update artikel teratur



  • Pengunjung/Traffic tinggi



  • Tampilan blog simpel, cepat dan tertata


  • Saya sendiri sebelumnya pernah mendapat sitelink dari blog http://rizaldipriantama.blogspot.com pada tahun 2013-2014 sebelum saya vacuum. Kala itu saya mendapat sitelink setelah mendalami aktivitas blogging kurang lebih 3 bulan. Dan untuk domain www.rizaldipriantama.com ini saya mendapatkannya hanya dalam kurun waktu 2 bulan. Saya tidak memastikan jika pengaruh domain berdampak pada sitelink ini. Namun banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan custom domain TLD (Top Level Domain) untuk mempermudah memperoleh sitelink dari google. Terlepas dari itu, hal yang saya sampaikan diatas menandakan tidak ada batasan dari sebuah blog untuk mendapatkan sitelink. Semua memiliki kesempatan untuk mendapatkannya. Tergantung niat dan usaha kita seberapa besar untuk mendapatkannya.

    Kembali ke keempat poin diatas, saya akan mencoba menjabarkan arti sebenarnya dari 4 poin yang mungkin bisa menjadi tips cepat mendapat sitelink dari google untuk anda.

    1. Konten Berkualitas
    Kembali lagi ke niatan awal kita nge-blog, membuat sebuah konten/artikel. Kesampingkan hal-hal yang dapat membuat anda tidak bisa membuat artikel yang berkualitas. Pengunjung adalah raja. Dan konten kita adalah jamuan untuk raja. Kita harus berfikir bagaimana raja kita puas dengan apa yang kita suguhkan.

    Setiap blog pasti memiliki ciri khas. Manfaatkanlah itu untuk menarik pengunjung blog anda untuk kembali. Buat artikel yang memang sedang trending. Misal, saat ini sudah ada windows 10, tapi anda membuat tutorial untuk windows XP. Hal ini sebenarnya sah-sah saja. Namun tentunya target pengunjung kita, yaitu windows XP hanya segelintir saja di dunia ini. Dan mungkin susah untuk mencapai target pengunjung yang kita inginkan.

    2. Update Artikel Teratur
    Tentunya hal lain selain membuat konten berkualitas adalah frekuensi kita untuk update artikel. Dengan update yang teratur, pengunjung akan penasaran dengan artikel apa yang selanjutnya kita akan publish. Dengan begitu secara berkala traffic pengunjung kita akan naik dan meningkat. 

    Update artikel secara teratur ini tentunya sesuai dengan kesanggupan masing-masing. Jika anda sanggup membuat 1 minggu sekali. Ya, harus konsisten menerbitkan seminggu sekali. Apabila sanggup 2-3 hari sekali, ya lakukan itu. Semakin besar frekuensi anda memposting artikel secara teratur, tentunya traffic blog akan semakin cepat pula untuk meningkat. Konsistensi disini sangatlah diperlukan. Karena dengan update secara teratur, memberi sinyal ke Google bahwa blog kita sedang aktif dan layak untuk diberi perhatian khusus. 

    Hindari sistem update artikel yang tak terstruktur. Misal hari ini anda memposting 3 artikel sekaligus, namun 2 minggu kemudian tidak update sama sekali. Saya rasa ada baiknya anda membagi waktu untuk posting ketiga artikel tersebut untuk 2 minggu. Misalnya 5 hari sekali. Namun, bukan berarti sistem demikian tidak dapat memperoleh sitelink. Namun, jika lebih terstruktur pengunjung akan beranggapan bahwa blog kita benar-benar terurus dan merupakan sumber yang dapat dipercaya.

    3. Pengunjung/Traffic Tinggi
    Jika poin pertama dan kedua dilakukan. Poin ketiga ini akan mengikuti. Jika traffic kita sudah memadai, tentunya google akan memandang lebih blog kita. Dan melihat bahwa blog kita memang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Standar traffic blog mungkin sekitar 1000/hari untuk mendapat sitelink. Tidak ada sumber jelas mengenai hal ini. Namun, saya sendiri mendapat sitelink dikala mendapat rate pageview sekitar seribu original traffic (traffic dari google) per harinya.

    Sebenarnya ada kiat yang dapat anda lakukan untuk memperoleh traffic yang tinggi selain membuat konten yang berkualitas dan update artikel secara teratur. Yaitu SEO (Search Engine Optimized) dan Template blog yang anda gunakan. Untuk pembahasan template blog akan saya sertakan pada poin terakhir dari postingan ini. Namun untuk SEO, karena pembahasannya panjang dan kompleks, akan saya buat artikel khusus nantinya.

    4. Tampilan Blog Simpel, Cepat, dan Tertata
    Poin terakhir yaitu dari segi tampilan. Semakin rapi penataan pada blog anda, maka pengunjung akan merasa semakin enak dan betah membaca artikel yang anda buat. Perhatikan ukuran font, warna font, dan font style yang anda gunakan pada artikel. Jangan terlalu alay dalam penggunaan font dan terlalu besar dalam ukuran font. Sesuaikan kebutuhan. Selain itu, Google sangat menyukai hal yang simpel. Jadi, usahakan gunakanlah template yang ringan, dan sesimpel mungkin. 

    Penataan widget juga sangat penting. Hindari penggunaan widget yang tidak ada kaitannya untuk blog anda. Misalnya widget jam, musik, animasi gambar GIF, efek-efek (hujan,salju, daun jatuh,dll) karena akan memperberat loading blog anda. Karena kita tidak tahu berapa kecepatan yang dimiliki oleh pengunjung kita. Tidak semua pengunjung memiliki koneksi yang memadai. Bisa jadi, karena loading blog anda lama, pengunjung tidak jadi membaca pada blog anda dan memilih menggunakan blog lain.

    Template anda juga haruslah responsive. Responsive artinya dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang lebar gadget. Saat ini pengguna gadget di Indonesia sudah terbilang cukup tinggi. Dan, semakin besar pula orang yang mengakses internet menggunakan gadget smartphone/tablet. Tentunya lebar dari gadget ini berbeda dengan PC. Maka, pikirkanlah sudut pandang blog anda jika dilihat dari gadget semacam smartphone dan tablet tersebut.


    Jika anda memiliki saran, masukan, dan pendapat lain seputar artikel Tips Cepat Mendapat Sitelink dari Google, dapat anda layangkan pada kolom komentar.
    Artikel Baru
    Next Post
    Selanjutnya
    Previous Post


    Comment Policy:
    Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
    Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih