Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger

Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger

Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger

Ditulis oleh : Januari 03, 2018
Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger - Blogger walau belum secara resmi ternyata telah memberikan fitur SSL HTTPS secara gratis bagi kita pengguna custom domain. Banyak sekali keuntungan serta kelebihan yang dapat kita peroleh apabila kita menggunakan SSL HTTPS ini pada web atau blog kita. Bagi pengguna web berbasis Wordpress, Joomla atau website berbasis self-hosting sangat diperlukan fitur SSL ini untuk mencegah pencurian data maupun hacking. Sebenarnya pada platform Blogger tidak terlalu diperlukan untuk memasang SSL dikarenakan sudah terintegrasi dengan keamanan Google, namun apa salahnya kita tetap waspada terhadap serangan pencurian data sehingga akan menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung kita.

Adapun Kelebihan dari kita memasang HTTPS dibanding HTTP adalah :
1. Lebih aman, dari pencurian data karena HTTPS memiliki protokol khusus sehingga proses pengiriman data akan terenkripsi
2. HTTPS akan lebih dipercaya, oleh pengunjung karena semakin aman web maka pengunjung akan semakin nyaman untuk menjelajahi isi dari blog/web kita
3. HTTPS akan lebih diutamakan perihal SEO oleh Google, karena dengan protokol HTTPS maka web kita akan terbebas dari ancaman malware yang menyebar dari web/blog. Google telah secara tegas mendukung para blogger dan developer untuk berbondong bondong menggunakan SSL HTTPS ini.

Sebenarnya diluaran sana, SSL HTTPS ini tidak didapatkan secara gratis. Sertifikat SSL ini disewa  dengan harga dan jangka waktu tertentu. Beberapa alternatif pun muncul jika kita ingin mendapatkan SSL HTTPS secara gratis. Mungkin yang selama ini banyak beredar tutorial menggunakan HTTPS melalui jasa Cloudfare gratis. Kabar baik bagi anda pengguna platform blogger, karena sekarang kita dapat mendapatkan SSL Gratis langsung dari situs Blogger. Namun, dikarenakan fitur ini belum resmi diluncurkan oleh blogger, kita tidak akan menemukan settingannya pada Dashboard Blogger pada www.blogger.com. Untuk membuka settingannya silahkan ada mengikuti tutorial dibawah ini :

1. Buka dashboard Blogger melalui draft.blogger.com
2. Masuk ke Setting > Dasar > lalu scroll ke bawah sampai menemukan pada bagian HTTPS

3. Ganti pilihan Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS ke Ya/Yes

4. Tunggu proses pengalihan data protocol HTTP ke HTTPS ini. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga beberapa jam (Paling lambat mungkin sampai 24 jam). Dan selama proses ini berlangsung, Web/Blog anda tidak akan bisa dibuka untuk sementara waktu. Jangan panik, ketika proses ini selesai, otomatis blog anda akan berjalan dengan normal kembali.
Jika anda sebelumnya menggunakan HTTPS dari Cloudfare, silahkan ubah dulu DNS Cloudfare anda kembali ke DNS penyedia hosting anda semula.
5. Jika proses pengalihan selesai, maka web blog anda akan memiliki tampilan HTTPS

PENTING !!!
Setelah anda telah sukses menerapkan protokol HTTPS ini pada blog anda, maka Google akan mecrawl dan mengindex ulang blog kita di mesin pencari. Alhasil, untuk sementara waktu, pengunjung pada blog akan berkurang dan pagerank kita akan turun.

Adapun Hal yang anda harus lakukan setelah memasang HTTPS ini adalah

1. Tambahkan properti baru dengan format https:// pada Search Webmastertool Google
2. Ubah semua format http:// pada HTML template anda ke https://

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai artikel Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger ini. Silahkan layangkan pertanyaan, kritik, saran, dan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih