Rules of Survival PC sudah mendukung DirectX, Atasi Lag dan Error OpenGL 4.0

Rules of Survival PC sudah mendukung DirectX, Atasi Lag dan Error OpenGL 4.0

Rules of Survival PC sudah mendukung DirectX, Atasi Lag dan Error OpenGL 4.0

Ditulis oleh : Maret 03, 2018
Rules of Survival PC sudah mendukung DirectX, Atasi Lag dan Error OpenGL 4.0 - Game Rules of Survival memang sedang naik daun. Bertema battle royale survival, game ini memang sangat seru dimainkan, apalagi jika dimainkan dengan teman secara ramai-ramai. Game ini dibuat dengan target pasar semua golongan, mulai dari orang tua, muda, anak-anak, remaja, wanita, pria, semua dapat memainkan game yang seru ini. Sempat menuai kontroversi, karena dianggap meniru konsep game PUBG (Player Unknowns BattleGround), nyatanya RoS (singkatan Rules of Survival) ini sukses dipasaran Game Android.

Sukses di Android, Rules of Survival melihat pasar game komputer sangat terbuka. Apalagi, saingan terberatnya, PUBG di Steam, merupakan game berbayar dengan ukuran file yang cukup besar. Hal ini membuat pihak Rules Of Survival akhirnya merilis game nya dalam versi PC secara gratis.

Namun, dalam awal perilisannya, game Rules of Survival ini hanya support dan didesain dengan rendering grafis OpenGL versi 4.0. Memang, OpenGL diklaim lebih cepat dan kompatible dalam hal rendering dibanding dengan DirectX, namun hal ini menjadi masalah bagi laptop jadul/Old PC seperti yang saya gunakan ini. Kebanyakan Laptop/PC Low End menggunakan sistem rendering DirectX karena lebih ringan dan tidak memakan banyak memori.

Perlu diketahui, Laptop saya memiliki spesifikasi Proccessor Core-i3 dengan VGA M380 (1st Generation Intel HD), RAM 2GB+4GB Extended, dan VRAM 64 Mb. Dengan spesifikasi demikian, laptop saya mengalami masalah dalam hal rendering grafis karena tidak mendukung OpenGL 4.0 dan hanya mendukung versi OpenGL 2.0. Sehingga, ketika ingin bermain Rules of Survival, akan muncul notifikasi error seperti gambar dibawah ini

Karena saya sangat ingin bermain game ini di laptop, maka dari itulah, saya mencoba browsing dan  melakukan berbagai cara di internet agar dapat bermain Rules of Survival di laptop jadul saya. Pencarian saya mulai mendapat titik cerah ketika saya menemukan tutorial yang memberi solusi dengan cara menaruh file OpenGL32.dll ke direktori game. Memang, dengan cara ini permasalahan error notifikasi OpenGL tidak muncul, dan game dapat berjalan. Namun, dari sinilah muncul permasalahan baru, yaitu FPS Drop alias Lag.

Saya kembali mencari solusi untuk menyelesaikan masalah LAG ini. Sebenarnya saya sadar, bahwa jika laptop saya tidak mendukung rendering OpenGL. Dan jika dipaksa pun, laptop saya akan terlalu berat dan cepat panas. Namun, karena keinginan bermain game ini cukup tinggi, maka saya tetap mencoba mencari solusinya. Sambil terus berharap developer Rules of Survival PC agar dapat mengupdate game sehingga support DirectX, saya pun mencoba trik-trik yang ada di internet, blog, dan forum seperti merubah Compability Programnya ke Windows 8/7/XP, Clear RAM, Disable Startup, dll. Namun, tetap saja masalah LAG ini belum teratasi.

Sempat menyerah akan hal ini. Namun, ada yang mengatakan bahwa Rules of Survival server China telah menggunakan rendering DirectX. Besar harapan saya agar Rules of Survival Global turut memberikan support terhadap rendering DirectX.

Benar saja, setelah update patch 28 Februari yang diikuti dengan pergantian dari Season 0 ke Season 1 kemarin, pihak RoS (Rules of Survival) telah memberikan support terhadap rendering Direct X. Hal ini ditandai dengan adanya file D3D yang ada pada direktori Rules of Survival setelah update patch 28 Februari ini.

Alhasil, laptop jadul saya dapat memainkan game Rules of Survival ini dengan lancar. Dalam patch ini juga, membenahi error-error seperti OpenGL 4.0, Drop FPS (Lagging), Perbaruan sistem (Anti-cheat) dan masalah login Facebook yang terkadang stuck.

Jika anda punya pengalaman yang sama dengan yang saya alami, atau punya pertanyaan, pendapat, saran dan kritik, silahkan layangkan pada kolom komentar. Terima Kasih.
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih