Cara Backup Data Otomatis ke Penyimpanan Online Gratis dan Realtime Sync

Cara Backup Data Otomatis ke Penyimpanan Online Gratis dan Realtime Sync

Cara Backup Data Otomatis ke Penyimpanan Online Gratis dan Realtime Sync

Ditulis oleh : Januari 23, 2018
Cara Backup Data Otomatis ke Penyimpanan Online Gratis dan Realtime Sync - Backup data merupakan hal yang wajib kita lakukan. Apalagi jika data anda tersebut sangat penting, misalnya foto kenangan, berkas ijazah, atau tugas akhir maupun skripsi. Tentunya anda ingin data tersebut aman dan terlindungi. Salah satu teknik backup yang paling direkomendasikan adalah menyimpannya pada media penyimpanan online (Cloud Storage). Mungkin, kebanyakan orang berfikir jika menyimpan pada penyimpanan online itu ribet dan tidak aman. Jika anda berfikiran seperti itu. Anda salah besar.

Banyak sekali media penyimpanan yang beredar saat ini. Salah satunya adalah Google Drive. Jika anda pernah membaca artikel saya tentang Benarkah Google Drive akan Tutup Akhir Tahun 2017 ?adalah benar. Google menghapus aplikasi Drive pada versi Windows dan Mac dan merilis aplikasi baru bernama Backup and Sync from Google. Dengan aplikasi ini, kita akan dengan sangat mudah untuk backup maupun restoring file dari komputer ke Google Drive, ataupun sebaliknya. Aplikasi software ini gratis, dan tentunya sangat aman dengan jaminan keamanan dari Google.

Berikut tutorial penggunaan Backup and Sync from Google :
1. Pastikan anda memiliki akun Google
2. Download aplikasinya, Anda dapat mendowload aplikasi Backup and Sync from Google pada :
Selanjutnya anda tinggal install aplikasi tersebut layaknya software aplikasi biasanya

3. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Backup and Sync from Google tersebut
4. Selanjutnya akan ada 3 tahap proses pengaturan, untuk yang pertama, silahkan anda login ke akun Google anda

5. Pada Langkah Kedua, anda dapat mengatur file dan folder mana yang dapat anda sinkron dengan Google Drive. Pada file berjenis foto, anda dapat memilih jenis High Quality atau Original Quality
  • High Quality : memiliki kapasitas yang tidak terbatas, namun memiliki batas maksimal,yaitu untuk foto maksimal 16MP dan video maksimal berkualitas 1080p.
  • Original Quality : tidak memiliki batas kualitas foto/video pada penyimpanan, namun penyimpanan memiliki batas maksimal 15GB sesuai kapasitas pada akun Google Drive anda.


6. Pada Langkah Ketiga, jika pada akun Google Drive anda memiliki isi, maka anda dapat mensinkronkan akun Google Drive anda pada Komputer/Laptop anda, anda dapat memilih dimana file pada Google Drive anda akan disimpan.

7. Selanjutnya klik START untuk kemudian aplikasi Backup and Sync from Google ini akan mulai sinkron data otomatis (jika terdapat koneksi internet)
Proses sinkronisasi ini membutuhkan data internet yang mungkin akan memakan kuota anda. Jadi, pastikan anda sedang memiliki cukup kuota, atau gunakan WiFi untuk melakukan proses sinkronisasi ini.
Jika anda memiliki pertanyaan, pendapat, kritik, dan saran seputar artikel Cara Backup Data Otomatis ke Penyimpanan Online Gratis dan Realtime Sync , silahkan layangkan pada kolom komentar. Terima Kasih.
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih