Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis Windows 10

Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis Windows 10

Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis Windows 10

Ditulis oleh : Januari 29, 2018
Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis - Penggunaan beragam gadget saat ini diiringi dengan kebutuhan kuota internet yang sangat besar. Provider atau penyedia layanan internet (ISP) pun berlomba-lomba untuk menarik pelanggannya dengan menawarkan berbagai macam paket internet data. Biasanya paket internet data ini berdurasi 30 hari atau 1 bulan.

Paket data ini bisa menjadi cara yang lebih hemat dibanding dengan berlangganan internet wifi seperti Speedy. Namun, jika tidak digunakan secara tepat, juga dapat menjadi boomerang dan alhasil pengeluaran kita akan semakin boros dan besar. Maka dari itu, sangat penting untuk mengontrol penggunaan paket data yang kita gunakan agar dapat mencegah kehabisan kuota sebelum waktunya. 

Pernahkah anda kehabisan kuota secara tiba-tiba ? padahal anda hanya  menggunakannya untuk sekedar browsing atau bahkan belum sama sekali menggunakannya ?

Jika iya, kemungkinan data anda terpakai oleh sistem operasi untuk keperluan update. Kasus ini sering terjadi, apalagi anda pengguna modem bertipe MiFi. Jika komputer/laptop anda mendeteksi penggunaan WiFi, biasanya, secara otomatis akan melakukan update jika memang tersedia, dan biasnaya update dari windows itu berukuran tidaklah kecil. Update ini biasanya dilakukan secara otomatis, dan dijalankan pada background apps, sehingga kita tidak sadar bahwa kuota internet kita terpakai oleh update windows ini.

Untuk cara mengatasinya, cukup mudah. Pada windows 10 tersedia fitur Set As Metered Connection.

Apa itu Set As Metered Connection ?
Set As Metered Connection adalah fitur pada windows 10 yang akan membatasi seminimal mungkin penggunaan data pada koneksi (baik WiFi, Modem USB, atau Ethernet Card). Adapun fitur yang akan dimatikan oleh windows ketika kita mengaktifkan mode Set As Metered Connection pada jaringan kita adalah :  

1. Windows Update akan off
2. Turn Off Live tile pada start menu
3. Windows Spotlight Background off
4. Beberapa aplikasi mungkin tidak akan terdownload

Bagaimana Cara Mengaktifkan Set As Metered Connection Windows 10 ?

1. Masuk ke Internet Setting. Pada Taskbar, klik icon Internet kalian (WiFi / LAN) pilih Network and Internet Setting

2. Pada bagian Setting, pilih jaringan yang akan di metered connection

3. Nyalakan settingan Set As Metered Connection (Turn On)

Sekaran koneksi anda akan menjadi Metered Connection, artinya data anda tidak akan digunakan oleh sistem untuk keperluan mereka. Jika anda memiliki pertanyaan, pendapat, kritik, dan saran seputar artikel Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis Windows 10 silahkan layangkan pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih