Cara Mengatasi Error Ads.txt pada SSL Custom Domain Blogger

Cara Mengatasi Error Ads.txt pada SSL Custom Domain Blogger

Cara Mengatasi Error Ads.txt pada SSL Custom Domain Blogger

Ditulis oleh : Februari 01, 2018
Cara Mengatasi Error Ads.txt pada SSL Custom Domain Blogger - Ketika saya membuka laptop sempat dibuat kaget dengan adanya email yang masuk ke inbox gmail akun Adsense saya. Bagaimana tidak kaget, email dari Adsense tersebut diawali dengan judul Perigatan. Dan benar saja, setelah saya buka akun Google Adsense saya, muncul pemberitahuan tentang error Ads.txt ini. Dan dampaknya pun sangat terasa pada blog saya, beberapa iklan hilang dalam tampilan blog. Ini yang saya khawatirkan. Tanpa berfikir panjang saya pun langsung mencari di internet bagaimana mencari solusi error Adsense ini, termasuk rekomendasi yang Google berikan pada Adsense (tombol Action). Namun, kebanyakan pada referensi blog lain mengatakan bahwa harus menambahkan Ads.txt ini pada root domain, dan bagi pengguna blogger dianjurkan untuk dibiarkan saja.


Karena masih penasaran, saya terus mencari akar dari permasalahan ini. Sebelum saya akhirnya menyadari bahwa saya menggunakan SSL HTTPS gratis dari blogger seperti yang pernah saya buat artikelnya di Cara mendapatkan SSL HTTPS Gratis Custom Domain Blogger. Karena saya mendapat informasi tentang SSL HTTPS gratis ini dari Kang Adhy, maka saya cek kembali ke Kompiajaib.com berharap ada informasi lebih lanjut dengan permasalahan saya ini. Dan ya, Kang Adhy telah memberikan solusi untuk permasalahan saya ini.

Ternyata, Blogger telah merilis fitur Ads.txt yang dapat kita custom pada domain kita. Blogger sendiri dalam pernyataan resminya telah menyatakan bahwa sejak November 2017 lalu, blogger tidak mendukung blog yang tidak memiliki Ads.txt yang benar. Maka dari itu, hal ini sangatlah penting kita pecahkan sebelum kita mendapat hal yang tidak kita inginkan.

Jika anda pengguna SSL HTTPS Gratis dari Blogger seperti halnya dengan saya, untuk mengatasi hal ini, anda ikuti langkah-langkah dibawah ini

1. Buka Blogger, jika anda menggunakan bahasa indonesia, masuk ke Setelan > Preferensi Penelusuran > Scroll ke bawah sampai menemukan sub-menu Monetisasi > klik Edit

2. Lalu ganti Aktifkan konten ads.txt kustom ke Ya
3. Isikan kolom kosong yang tersedia tersebut dengan format
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
GANTI angka 00000 dengan id penayang Adsense anda. Format ini merupakan format yang sama dengan yang anda peroleh dari Google Adsense.

4. Setelah itu, anda klik Simpan Perubahan

Google Adsense akan memproses pembaruan Ads.txt ini dalam 24 jam, jadi tunggu saja. Iklan anda akan kembali tayang. Jika anda memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Mengatasi Error Ads.txt pada SSL Custom Domain Blogger silahkan layangkan pada kolom komentar.
Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih