Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop

Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop

Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop

Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop

Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop Kita - Salah satu kelebihan laptop dibandingkan dengan pc/komputer adalah dari segi fleksibelitas. Laptop yang didesain dengan adanya baterai yang dapat mensupply kebutuhan tegangan dari komponen hardware di dalamnya dapat digunakan tanpa harus terus-menerus bergantung dengan colokan/sumber tegangan (PLN). Namun, ternyata, penggunaan baterai laptop yang tidak tepat membuat kebanyakan pemilik laptop memiliki masalah dengan baterai yang cepat habis sehingga penggunaannya memerlukan suntikan daya dari PLN (colokan/socket listrik).

Sebelum itu terjadi, sebenarnya pada sistem operasi Windows, anda sebenarnya dapat mengecek tingkat kelayakan baterai yang anda gunakan pada laptop anda. Sehingga anda dapat dengan mudah memonitor tingkat kerusakan pada baterai anda maupun mengetahui daya yang bisa baterai anda muat untuk menyalakan laptop anda. Cara ini juga bisa anda gunakan apabila baterai anda sudah rusak/aus dan anda ingin mengecek, seberapa parah tingkat kerusakannya maupun hanya seberapa besar daya yang baterai anda tampung.

Untuk cara mengeceknya, ikuti langkah-langkah dibawah ini :
1. Buka Command Prompt (run as admin)
2. Ketikkan powercfg/batteryreport, maka akan muncul tampilan bahwa hasil report tersimpan pada direktori C:\Windows\System32\battery-report.html


3. Untuk mengetahui hasilnya, buka file tersebut pada direktori yang telah ditunjukkan di command prompt tadi.

4. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pada halaman ini, akan diberikan penjelasan secara detail mengentai komponen baterai yang terpasang pada laptop kalian.

5. Untuk mengecek masa baterai, perhatikan FULL CHARGE CAPACITY. Dan tingkat kelayakan baterai anda bisa dapatkan dengan membagi hasil (Full Capacity/Design Capacity) x 100%.

Sebagai contoh, baterai laptop saya memiliki
Design Capacity : 45 mWh
Full Charge Capacity : 38 mWh

Berarti, dengan rumus yang saya cantumkan diatas, diperoleh
(38mWh/45mWh) x 100% = 84.4 %
Presentase normal baterai yang layak digunakan adalah diatas 20%. Apabila presentase rasio perbandingan antara full charge capacity dengan design capacity dibawah 20%, sebaiknya anda segera mengganti baterai laptop anda.

Sebenarnya, jika kita mengetahui cara merawat dan menggunakan baterai laptop dengan benar, baterai akan dapat hidup lebih lama dan anda tidak perlu mengganti ganti baterai laptop anda terlalu sering. Adapun hal-hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan penggunaan baterai laptop adalah sebagai berikut :

  1. Usahakan jangan gunakan/menyalakan laptop saat anda sedang mengisi daya baterai. Meskipun beberapa baterai didesain untuk hal ini, namun tetap saja, panas yang dihasilkan saat anda menyalakan mesin laptop (apalagi bermain game dan multimedia) akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai laptop anda.
  2. Usahakan jangan gunakan baterai sampai habis, dan jangan isi daya baterai sampai penuh. Normalnya, segera isi daya baterai anda ketika baterai mencapai presentase 20%-15%, dan segera cabut baterai dari pengisian daya saat kira-kira presentase baterai mencapai 85-90%.
  3. Gunakan adapter charger baterai laptop yang sesuai dengan kemampuan asli baterai. (sangat direkomendasikan adaptor ori, karena arus dan tegangan yang masuk sudah disesuaikan dengan baterai laptop anda).
  4. Jika anda menggunakan laptop dengan kegiatan berat dan sangat sulit untuk menghindari ketiga kegiatan diatas saat mengisi daya, saya rekomendasikan anda untuk menggunakan PC/Komputer.

Jika anda memiliki pertanyaan, pendapat, kritik, saran, maupun sanggahan seputar artikel Cara Mengetahui Kelayakan dan Masa Hidup Baterai Pada Laptop Kita, tanyakan dan mari kita diskusikan pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Jika bermanfaat, Bantu bagikan artikel ini ke teman anda dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Lebih Baru
Next Post
Lebih Lama
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih