Apa itu Hosting dan Domain ? 2 Hal Penting dalam Membangun Sebuah Website Professional

Apa itu Hosting dan Domain ? 2 Hal Penting dalam Membangun Sebuah Website Professional

Apa itu Hosting dan Domain ? 2 Hal Penting dalam Membangun Sebuah Website Professional

Ditulis oleh : Mei 26, 2019
Apa itu Hosting dan Domain ? 2 Hal Penting dalam Membangun Sebuah Website Professional - Dalam membangun sebuah website professional anda mau tidak mau akan mengenal istilah hosting dan domain. Kedua komponen ini menjadi pondasi dari berdirinya sebuah website. Lantas, apa sih sebenarnya web hosting dan domain ini ? Adakah perbedaanya ?

Istilah hosting sendiri berasal dari kata "host" dalam bahasa inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya tuan rumah. Tuan tumah (host) ini dalam dunia internet maksudnya adalah sebagai penyedia layanan tempat. Sedangkan nama domain, bisa diartikan sebagai label/nama website anda yang tentunya sangat berguna agar orang-orang (pengunjung) mengenali siapa dan apa isi website kita. Berawal dari itulah istilah web hosting terbentuk.

Agar mudah dipahami apa itu peran hosting dan domain dalam website, mari kita buat analogi sederhana saja,

Anda adalah pedagang yang ingin mendirikan toko.
Langkah awal yang anda perlukan dalam mendirikan sebuah toko adalah tempat.
Selanjutnya yang perlu anda pikirkan agar toko anda sukses adalah pembeli.
Karena itulah dibutuhkan nama sebuah toko tersebut agar toko anda dikenal banyak orang.

Saat anda ingin mendirikan sebuah website, anda layaknya ingin mendirikan sebuah toko di Mall. Anda mau tidak mau harus menyewa tempat/lapak untuk berjual di Mall tersebut. Web hosting ibarat sebagai tempat berjualan (Mall) yang didalamnya tedapat banyak sekali stand/kios. Stand/kios ini  ibarat website anda dan pemilik kios adalah anda, sang pemilik website. Kios ini tentunya memiliki kapasitas besaran yang beragam sesuai kebutuhan penyewa kios nantinya. Sama halnya dengan website, anda dapat memilih besaran bandwith & disk space pada hosting sesuai kebutuhan website anda. Sementara nama domain, sama halnya dengan nama toko, tepatnya alamat website anda yang tentunya semakin unik dan singkat akan mudah dikenal dan populer dikalangan pengunjung nantinya.

Kenapa Perlu Hosting dan Domain ? Seberapa Pentingkah ?
Pertanyaan selanjutnya adalah, untuk apa hosting dan domain tersebut di website anda. Web hosting merupakan tempat menyimpan data-data yang dibutuhkan untuk memuat website anda. Website memerlukan ruang dimana ia dapat menyimpan gambar, HTML, CSS, Javascript, bahkan video yang nantinya akan dimuat pada web. Jadi, tanpa web hosting, website tidak akan mungkin terbentuk dan termuat. Sama halnya dengan nama domain, yang merupakan jalan anda untuk memperoleh pengunjung, tanpa adanya alamat (domain), internet tidak akan bisa menemukan website anda. Dan jika demikian, pengunjung tidak akan pernah datang.

Nah, hosting dan domain di dunia internet saat ini terbagi menjadi dua. Gratis dan Berbayar. Banyak sekali platform yang menyediakan hosting dan domain gratisan yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah website, Blogger, Wordpress, serta Wix.com contohnya. Namun tentu, versi gratis ini akan ada banyak sekali batasan dan ketentuan yang tentunya jika anda tidak mematuhinya, ssewaktu-waktu penyedia platform hosting dan domain gratis ini dapat men-takedown website anda secara sepihak. Domain gratis juga demikian, kita tidak bisa men-custom secara sepenuhnya alamat website kita, biasanya akan ada imbuhan nama platform di belakang domain gratis ini. Blogspot contohnya menggunakan .blogspot.com, Wix dengan .wix.com, serta Wordpress dengan .wordpress.com. Terlihat tidak professional bukan, jika kita bandingkan dengan domain seperti .com, .net, .org, dll.

Jika anda ingin membuat website secara serius untuk menghasilkan uang ataupun untuk berjualan, sangat disarankan untuk menggunakan hosting dan domain berbayar.

Jangan takut untuk menggunakan hosting dan domain berbayar. Karena Web Hosting Niagahoster menyediakan layanan hosting dan domain yang murah namun memiliki kualitas tinggi.

❗ Kenapa harus Niagahoster ? ❗
Niagahoster adalah perusahaan bagian dari Hostinger Group, yang merupakan grup hosting international yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Niagahoster menyediakan layanan hosting dengan harga yang murah namun dengan fitur unlimited yang dilengkapi dengan cPanel dan menggunakan server IIX/data center Indonesia dengan Green Data Center Tier-4 atau lebih, sehingga membuatnya memiliki jaminan kualitas uptime dan akses website yang cepat.

Niagahoster menyediakan pilihan layanan hosting sesuai dengan kebutuhan website anda.
(pilihan paket web hosting Niagahoster)

Niagahoster menyediakan paket unggulan Personal yang saat ini sedang diskon besar-besaran hingga 75% sehingga paket personal yang awalnya dibandrol dengan harga 95rban perbulan, kini dapat anda miliki segudang fiturnya hanya dengan harga 25rban saja perbulan. Bahkan, Niagahoster menjamin layanannya adalah layanan termurah dengan memberikan Garansi Harga.

Meskipun memiliki berbagai pilihan harga dan layanan, namun prioritas Niagahoster dalam memberikan layanannya tetap memuaskan. Di pilihan paket termurah sekalipun, Niagahoster menyediakan fitur Wordpress Accelerator, Unlimited Bandwith, Unlimited Database, Instant Backup dan Unlimited SSL (pengamanan protokol web) yang dapat anda nikmati secara gratis. Hal inilah yang membuat Niagahoster menjadi No.1 Web Hosting di Indonesia versi webhosting.info.


(pilihan paket web hosting Niagahoster)


Jangan ragu, jika anda memilih hosting di Niagahoster, anda akan mendapatkan segudang fitur, diantaranya adalah :
✅ Bandwidth Unlimited & Gratis SSL Selamanya
✅ Domain gratis (Selain Paket Bayi)
✅ Panel kontrol mudah digunakan dari cPanel®
✅ Softaculous: Install WordPress, Joomla, dll.(320+ apps)
✅ Aplikasi website builder
✅ Fitur optimasi mesin pencari dari Attracta SEO tools
✅ Monitoring keamanan dan proteksi DDoS 24/7
✅ Bantuan pelanggan profesional 24 jam nonstop
✅ Pilihan server hosting Jakarta dan Singapura
✅ Garansi uptime 99.9% dan garansi 30 hari uang kembali

Masih belum yakin dengan layanan web hosting Niagahoster ?
Niagahoster berikan Garansi 30 Hari Uang Kembali ! serta anda bebas bertanya dan berkonsultasi gratis dengan Customer Service Niagahoster 24/7 !

Segera daftar dan buat websitemu dengan Niagahoster sekarang

Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih