Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap

Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap

Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap

Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap

Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap - Tak dipungkiri bahwa aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kemudahan penggunaan dan tampilan yang user-friendly di semua kalangan membuat aplikasi Whatsapp memiliki jumlah pengguna terbanyak. Berbagai fitur seperti emoticon, sticker, video call, voice note, voice call, dan fitur status layaknya snapgram instagram membuat Whatsapp kini semakin menjadi media chatting yang wajib terinstall di smartphone setiap orang.

Namun, tahukah kamu jika sebenarnya Whatsapp juga menyediakan fitur formatting text yang biasa kita jumpai pada aplikasi seperti Microsoft Word ?

Apa itu formatting text ?
Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Font Bold (font tebal), Italic (font miring), dan Strikethrough (font dicoret). Fitur diatas sering kita jumpai pada aplikasi berbasis dokumen, seperti Microsoft Word, Excell, Powerpoint, sampai Adobe PDF, Nitro PDF, dll. Font Bold, Italic, dan Strikethrough inilah yang dinamakan formatting text.

Sebenarnya fitur ini sudah sangat lama ada, karena sudah sejak tahun 2016 lalu, tepatnya sejak whatsapp mengeluarkan versi 2.12.17-nya, fitur ini telah tersedia. Namun, dikarenakan tidak ada menu khusus untuk penggunaan fitur ini, hingga sampai saat ini banyak orang belum mengetahui fitur whatsapp yang mungkin akan sangat berguna dalam memberikan informasi atau memberi atensi pada sebuah chatting.

🚩Cara Menggunakannya 🚩
Untuk menggunakan fitur customize font seperti Bold, Italic, dan Strikethrough ini pada whatsapp sangatlah mudah, karena secara default fitur ini sudah ter built-in didalamnya. Namun kita juga dapat menggunakan model lain seperti font terbalik dan font berwarna dengan bantuan pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya, saya akan jelaskan satu persatu cara menggunakannya.

1. Font Bold (Tebal) 
Untuk menggunakan font bold atau font bercetak tebal, anda cukup menambahkan tanda bintang (*) didepan dan diakhir teks yang ingin dicetak tebal. Contoh :
*Contoh penggunaan teks tebal*, maka hasilnya font akan bercetak tebal seperti ini : Contoh penggunaan teks tebal. 

2. Font Italic (Miring)
Untuk menggunakan font italic atau font bercetak miring, anda cukup menambahkan underscore (_) didepan dan diakhir teks yang ingin bercetak miring. Contoh :
_Contoh penggunaan teks miring_maka hasilnya font akan bercetak tebal seperti ini : Contoh penggunaan teks miring

3. Font Strikethrough (Coret)
Untuk menggunakan font strikethrough atau font yang dicoret, anda cukup menambahkan tanda bintang (~) didepan dan diakhir teks yang ingin dicoret. Contoh :
~Contoh penggunaan teks coret tengah~maka hasilnya font akan bercetak tebal seperti Contoh penggunaan teks coret tengah

4. Font Monospace
Untuk menggunakan font monospace, anda cukup menambahkan tiga (3) tanda backstick atau petik ke dalam (`) didepan dan diakhir teks yang ingin dicoret. Contoh :
```Contoh penggunaan font monospace```maka hasilnya font akan bercetak tebal seperti Contoh penggunaan font monospace

5. Font Kombinasi
Anda juga dapat mengkombinasikan fitur formatting text diatas seperti tebal miring, miring coret,  tebal coret atau bahkan ketiganya yaitu tebal miring dan coret. Namun sayang, kombinasi ini tidak berlaku untuk Font Monospace.

Untuk mengkombinasikannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menkombinasikan "tanda" pada masing-masing formatting text. Tanda * untuk tebal, tanda _ untuk miring, dan tanda ~ untuk coret.

Yang perlu anda catat adalah sususan tandanya. Jika anda membuka dengan tanda *_ (tebal miring), anda harus menutupnya sebaliknya yaitu _*. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika anda mulai dengan tanda _*, maka harus ditutup dengan *_. Jadi akan nampak seperti ini :
*_tebal miring_*
atau
_*tebal miring*_
Hal ini berlaku untuk kombinasi-kombinasi formatting text yang lainnya.
Berikut adalah contoh-contoh kombinasi yang dapat anda gunakan pada aplikasi Whatsapp

a. Font Tebal Miring
Jika anda ingin mengkombinasikan teks tebal dan miring, anda harus mengingat kembali bahwa tanda tebal adalah * dan tanda miring adalah _
Jadi jika anda ingin menggunakan teks tebal miring, maka :
Kode pembuka : *_ atau _*
Kode Penutup  : _* atau *_
Contoh : *_Contoh penggunaan teks tebal miring_* atau _*Contoh penggunaan teks tebal miring*_

b. Font Miring Coret
Jika anda ingin mengkombinasikan teks miring dan coret, anda harus mengingat kembali bahwa tanda miring adalah _ dan tanda coret adalah ~ 
Jadi jika anda ingin menggunakan teks miring coret, maka :
Kode pembuka : ~atau _~
Kode Penutup  : _~ atau ~_
Contoh : ~_Contoh penggunaan teks miring coret_~ atau _~Contoh penggunaan teks miring coret~_

c. Font Tebal Coret
Jika anda ingin mengkombinasikan teks tebal dan coret, anda harus mengingat kembali bahwa tanda tebal adalah * dan tanda coret adalah ~
Jadi jika anda ingin menggunakan teks tebal coret, maka :
Kode pembuka : *~ atau ~*
Kode Penutup  : ~* atau ~*
Contoh : ~*Contoh penggunaan teks tebal coret*~ atau *~Contoh penggunaan teks tebal coret~*

d. Font Tebal Miring Coret
Jika anda ingin mengkombinasikan teks tebal, miring, dan coret, anda harus mengingat kembali bahwa tanda tebal adalah * ,tanda miring adalah _ ,dan tanda coret adalah ~
Jadi jika anda ingin menggunakan teks tebal miring coret, maka :
Kode pembuka : *~_ 
Kode Penutup  : _~* 
Contoh : *_~Contoh penggunaan teks tebal miring coret~_* atau _*~Contoh penggunaan teks tebal miring coret~*_. Susunan tanda sesuai urutan penggunaan tanda yang telah saya jelaskan diatas.
PERLU DIINGAT !
1. Sebelum anda mengirimkan pesan, anda dapat melihat preview teks yang akan dikirim dengan tampilan yang telah anda modif (tebal, miring, atau coret)
2. Jangan memberikan spasi antara tanda dengan teks yang akan di format, agar formatting text dapat digunakan. Contoh yang salah : * tebal *
3. Jika anda ingin membuat teks yang diformat sebagian saja, pisahkan tanda dengan spasi. Contoh : Sebagian teks *tebal*
6. ʞılɐqɹǝʇ ʇuoɟ
Untuk menggunakan font terbalik, caranya sedikit berbeda. Dikarenakan sebenarnya whatsapp tidak menyediakan fitur font terbalik. Akan tetapi, kita masih tetap bisa menggunakannya pada whatsapp namun dengan bantuan widget font terbalik yang dapat anda akses di https://www.rizaldipriantama.com/p/tulisan-terbalik.html. maka hasilnya font akan terbalik seperti ʞılɐqɹǝʇ ʇuoɟ uɐɐunƃƃuǝd ɥoʇuoɔ

7. Font Berwarna
Sama halnya dengan font terbalik, untuk menggunakan font berwarna, anda tidak dapat menggunakaanya secara langsung, namun anda dapat memanfaatkan aplikasi bernama TextArt ataupun FancyText yang tersedia gratis pada play store.

Jika ada pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Text Whatsapp Tebal, Miring, Dicoret, Terbalik, dan Berwarna Lengkap, silahkan layangkan pada kolom komentar. Terima Kasih.
Jika bermanfaat, Bantu bagikan artikel ini ke teman anda dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Artikel Terbaru
Lebih Lama
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih