Fitur - Fitur yang Wajib ada di Aplikasi Absensi

Fitur - Fitur yang Wajib ada di Aplikasi Absensi

Fitur - Fitur yang Wajib ada di Aplikasi Absensi

Ditulis oleh : September 10, 2019
Fitur - Fitur yang Wajib ada di Aplikasi Absensi - Pencatatan kehadiran adalah salah satu faktor pendukung untuk perhitungan penggajian karyawan di perusahaan. Meskipun sangat krusial dan sensitif, data kehadiran karyawan masih seringkali terdapat kesalahan dan kecurangan. Hal ini diakibatkan karena proses absensi yang masih dilakukan secara manual di atas kertas.

Saat ini, banyak perusahaan yang mulai beralih menggunakan aplikasi absensi lebih mutakhir. Aplikasi absensi bermanfaat untuk mencatat kehadiran karyawan secara realtime guna mencegah kecurangan seperti titip absen. Aplikasi absensi biasanya dilengkapi fitur biometrik yang dapat mendeteksi identitas karyawan secara unik. Nah, untuk menentukan aplikasi absensi terbaik yang bisa digunakan perusahaan Anda, berikut beberapa fitur yang harus tersedia di dalam aplikasi absensi.

Kehadiran Ganda Dalam Sehari 
Lalu, bagaimana jika karyawan ingin mencatatkan kehadiran secara ganda dalam satu hari? Biasanya, sistem absensi ini berlaku untuk karyawan yang harus bertugas di luar kantor maupun bekerja di dalam kantor. Tidak masalah, aplikasi absensi memiliki fitur check-in dan check-out ganda di mana pun ia sedang bertugas.

Riwayat Absensi Karyawan
Tidak hanya tim HR, karyawan pun ingin mengetahui historis atau riwayat data absensi yang dimilikinya. Hal ini penting mengingat karyawan juga memerlukan data agar bisa dilakukan pemeriksaan silang (cross-check) dan tidak terjadi kesalahan prosedur maupun data. Data absensi ini juga bisa menjadi bahan tim HR dalam penilaian evaluasi kerja karyawan dari segi kedisiplinan.

Reimbursement
Hal – hal menyangkut uang harus dilakukan secara cepat, akurat, dan aman. Termasuk proses pengajuan reimbursement. Karyawan yang membutuhkan pengajuan reimbursement tidak perlu datang menemui tim HR atau admin keuangan karena dapat mengisi formulir reimbursement secara online melalui aplikasi.

Timesheet Report
Tugas melakukan report atau laporan pencatatan kehadiran karyawan nantinya akan sangat penting dan menjadi salah satu data karyawan di perusahaan. Yang paling krusial, data laporan ini akan dipakai dalam laporan pertanggungjawaban maupun perhitungan payroll. Sudah seharusnya aplikasi absensi memiliki fitur timesheet report yang kredibel dan akurat dengan penyajian laporan yang hanya membutuhkan beberapa kali klik dan report timeshet sudah bisa didapatkan.

Catat & Hitung Jam Lembur
Perusahaan yang profesional selalu memperhatikan jam kerja karyawan dan memberikan rewards sesuai prestasi para pekerja. Termasuk ketika karyawan sudah bekerja keras hingga overtime atau lembur. Sistem absensi online harus memiliki fitur yang memudahkan karyawan mengajukan formulir lembur. Dengan begitu, admin bisa segera memproses dan menyetujui permohonan tersebut.

Permohonan Sakit, Izin & Cuti
Elemen lain yang tidak kalah penting bagi karyawan adalah formulir permohonan izin tidak bisa hadir, sakit, cuti dan sebagainya. Proses pengajuan formulir izin tidak hadir atau sakit yang berbelit dan manual hanya akan membuat karyawan tidak puas dan menjatuhkan reputasi perusahaan. Aplikasi absensi harus dapat menjawab permasalahan ini karena semua pengajuan formulir dilakukan secara real time dan online. Sehingga jika karyawan ingin mengajukan izin sakit ataupun cuti dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi absensi.
***
Siap meningkatkan sistem absensi perusahaan anda ke level selanjutnya? Aplikasi absensi LinovHR hadir sebagai solusi yang mempermudah manajemen dan tim HR perusahaan mengelola data karyawan. Semua fitur wajib yang harus ada di aplikasi absensi seperti : permohonan sakit, izin cuti, pencatatan lembur karyawan, timesheet report, pengajuan reimbursment, kehadiran ganda semuanya sudah di cover didalam aplikasi absensi LinovHR.
Selain itu aplikasi absensi LinovHR mudah digunakan dan sangat user friendly bagi mereka yang bahkan orang awam dibidang IT.

Tertarik dengan aplikasi absensi LinovHR ini ? silahkan kunjungi situs resminya di https://www.linovhr.com/
Artikel Baru
Next Post
Selanjutnya
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih