Island, Memungkinkan kita menggunakan Dual App di Andorid

Island, Memungkinkan kita menggunakan Dual App di Andorid

Island, Memungkinkan kita menggunakan Dual App di Andorid

Island, Memungkinkan kita menggunakan Dual App di Andorid

Island, Memungkinkan kita menggunakan Dual App di Andorid - Smartphone kini menjadi primadona gadget yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat saat ini. Berbagai hal dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia di playstore maupun appstore. 

Tapi pernahkan anda memikirkan jika smartphone dapat dimanfaatkan menjadi ruang virtual sehingga anda dapat memiliki 2 bahkan lebih aplikasi yang sama dalam 1 smartphone ?

Mungkin sebagian orang tidak asing dengan istilah DualMessenger atau aplikasi App Cloner seperti Paralel Space. Namun, sistem kerja dualmessenger ataupun app cloner biasanya menggunakan penyimpanan tambahan dengan menduplikat data dari aplikasi tersebut. Alhasil, aplikasi tersebut akan memakan banyak sekali ruang penyimpanan di smartphone kita.

Anda pengguna Dual Messenger/App, sangat wajib untuk mencoba aplikasi bernama Island.

Aplikasi Island ini tersedia pada playstore (android) dan meskipun ketika artikel ini dibuat, aplikasi ini masih dalam tahap beta, aplikasi ini cukup menarik perhatian saya. Island memanfaatkan fitur yang tersedia pada Android 5.0+ yaitu managed profile yang tersedia pada Android for Work, yang memungkinkan kita mengaktifkan sebuah isolated app sandbox, dimana kita dapat dengan mudah menduplikat aplikasi dengan data yang sama pada aplikasi di android.

Dan menurut saya Island ini merupakan aplikasi klonning terbaik. Aplikasi ini tidak membutuhkan root, kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengaktifkan dual aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, atau bahkan aplikasi game seperti PUBG, Mobile Legends, dan lain sebagainya. Saya sendiri telah mencoba aplikasi Island ini pada Android 8.0 Oreo saya, dan mencoba klone beberapa aplikasi seperti Whatsapp dan Mobile Legends. Hasilnya sangat memuaskan.

Sebelumnya saya telah mencoba paralel space dan aplikasi cloner lain untuk mengkloning aplikasi Mobile Legends saya, namun saya selalu kesulitan saat saya ingin mensinkronkan akun mobile legends dengan facebook atau google play. Namun dengan Island, masalah ini dapat teratasi.

Adapun beberapa fungsi lain dari Island selain sebagai klonner aplikasi adalah :

Nonaktifkan Aplikasi yang tidak digunakan
Dengan Island, kita dapat mengklone aplikasi ke dalam island, dan kita dapat membuat freeze aplikasi aslinya sehingga aplikasi tersebut tidak akan berjalan di dalam sistem background. Cocok sekali untuk anda yang membutuhkan sebuah aplikasi tersebut dalam android anda namun aplikasi tersebut memakan banyak sekali memori berjalan dan anda tidak menggunakannya setiap saat. Island juga menyediakan shortcut untuk de-freezing dan de-launching sehingga memudahkan kita untuk mengembalikan aplikasi tersebut agar berjalan normal kembali.

Mencegah Pencurian Data pada Android
Maraknya pencurian data yang disematkan pada sebuah aplikasi membuat sebagian pengguna smartphone gelisah. Meskipun secara default, sistem keamanan android menyediakan fitur "runtime-permission" dimana biasanya akan memunculkan sebuah pop-up peringatan jika aplikasi tersebut membutuhkan data pada sebuah perangkat. Namun terkadang kita mungkin saja secara tidak sadar memberikannya akses. Di dalam Island, aplikasi yang terdapat pada sandbox tidak akan mendapatkan data contacts, call logs dan data dari aplikasi lainnya seperti Whatsapp, facebook, dan yang lainnya.

Tertarik menggunakan Island ? Berikut cara menggunakannya
1. Download secara gratis island pada playstore
DOWNLOAD ISLAND
2. Buka Aplikasi Island, Maka akan muncul pop up berisi persetujuan anda untuk mengaktifkan Mode Kerja pada andorid anda. Tekan OK


3. Pada Tampilan utama aplikasi ini, anda akan menemukan 3 menu utama pada menubar dibawah, yaitu Mainland, Island, dan Discovery.

3. Seluruh data aplikasi pada android anda akan dikategorikan dalam Mainland oleh aplikasi ini. Sementara aplikasi yang akan anda kloning nantinya berbagai hal menarik yang dapat anda lakukan bersama aplikasi ini.

4. Selanjutnya jika anda ingin mengklonning sebuah aplikasi, masuk ke menu Mainland, pilih aplikasi yang ingin anda klone, lalu tekan aplikasi tersebut dan tekan icon + untuk memulai proses klonning.

5. Akan muncul peringatan yang meminta persetujuan untuk melakukan klonning, tekan Continue, selanjutnya Install.


6. Tunggu beberapa saat sampai Island selesai melakukan klonning.

7. Setelah proses selesai anda dapat melihat hasil aplikasi klonning anda pada app Work di menu anda, dan anda dapat menjalankan aplikasi klon tersebut.

Bagaimana ? Sangat mudah kan ?
Jika anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar.
Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Jika bermanfaat, Bantu bagikan artikel ini ke teman anda dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Artikel Terbaru
Lebih Lama
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih