Cara Mudah Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android

Cara Mudah Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android

Cara Mudah Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android

Cara Mudah Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android

Cara Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android - Semakin berkembangnya aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pada android saat ini memang terkadang membuat pusing penggunanya. Masalahnya, tidak semua smartphone dibekali dengan memori internal yang besar. Sementara data yang digunakan pada aplikasi ini secara default akan tersimpan pada memori internal, yang pada dasarnya tidak bisa diupgrade. Lantas bagaimana solusi jika kita kekurangan memori dalam smartphone kita ? Apakah ganti HP adalah solusinya ?

Ada banyak pertimbangan memang jika anda harus mengganti smartphone anda. Selain membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli perangkat smartphone baru, masalah backup dan restore data juga akan membuat beberapa orang akan berpikir ulang untuk mengganti smartphonenya. Lantas adakah cara lain untuk mengatasi permasalahan memori internal yang penuh  ini?

Anda harus memaksimalkan kerja memori eksternal anda.

Memori eksternal dapat anda upgrade sesuai kebutuhan anda, harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli perangkat smartphone baru.

Pihak android juga menyadari akan permasalahan ini, maka dari itu semenjak rilisnya android 6.0 Marshmellow, android menyediakan fitur pemindahan penyimpanan data pada aplikasi ke memori eksternal (SD Card). Hal ini terntunya mempermudah pengguna android, dimana sebelum fitur ini muncul, penggunanya harus melakukan rooting terlebih dahulu untuk memindahkan data-data aplikasinya ke memori eksternal. Kini, anda tidak perlu repot-repot me-root perangkat anda hanya untuk mengubah sistem penyimpanan dari memori internal ke memori eksternal.

Bagaimana Caranya ?
Ada beberapa cara untuk memindahkan aplikasi yang tersimpan pada memori internal anda ke penyimpanan eksternal, tergantung dari versi android dan kompitable device anda. Maka dari itulah penting untuk mengetahui terlebih dahulu versi android pada smartphone yang anda gunakan saat ini.

Langkah Pertama anda pastikan dulu versi android yang anda gunakan, cara mengeceknya adalah anda buka Setting > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak. Pada bagian versi android akan ada tulisan angka, nah itulah versi android anda saat ini.
(gambar diambil menggunakan device samsung, namun umumnya letak tentang ponsel akan sama pada beberapa device)

Cara 1 : Android 6.0 keatas yang telah support "Adoptable Storage"
Karena android baru memperkenalkan fitur tersebut pada versi android 6.0 Marshmellow. Cara ini hanya dapat digunakan oleh android 6.0 Marshmellow keatas (seperti 7.0 Nougat, 8.0 Oreo, 9.0 Pie,dan versi-versi android diatasnya). Karena proses transisi dari traditional storage ke adoptable storage ini, beberapa device smartphone dengan versi android 6.0 sampai 8.1 belum bisa menggunakan fitur adoptable storage. Android baru memastikan bahwa semua device yang menggunakan android 9.0  dapat menggunakan fitur ini.

Fitur adoptable storage ini memungkinkan device dapat me-manage penyimpanan ekternal menjadi tambahan storage untuk internal. Caranya adalah dengan cara "format as internal", yaitu memformat penyimpanan eksternal dan me-merge kapasitasnya menjadi satu.

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah.

1. Anda siapkan microSD card kosong, karena SDCard ini akan di format (dihapus isinya), atau anda bisa membackup data-data pada microSD terlebih dahulu. Karena nantinya ketika proses pemindahan microSD menjadi memori internal, semua datanya akan dihapus oleh sistem. Alangkah baiknya jika SD Card anda memiliki kelas yang tinggi.

2. Buka Settings > pilih Storage > tekan SD card.

3. Tekan tombol berbentuk tiga titik bertumpuk ⢰ di kanan atas layar > pilih Storage Settings.


4. Untuk mengubahnya menjadi memori internal, pilih opsi Format as Internal dan tekan tombol Erase & Format di halaman berikutnya.

5. Tunggu sampai proses format microSD selesai.

Anda bisa langsung memindahkan data-data di memori internal ke microSD yang telah dijadikan memori internal tambahan.

Cara 2 : Untuk Semua Versi Android yang telah support "Move to SD Card"

Jika device anda tidak support dengan fitur Adoptable Storage (format sd card as internal), ada cara lain untuk membuat penyimpanan eksternal anda menjadi penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi anda. Namun, dalam cara ini, pemindahan penyimpanannya harus dilakukan manual.

Disini saya mencontohkan menggunakan tampilan android 8.0 Oreo dengan bahasa indonesia, mungkin pada beberapa versi android tampilan dan bahasanya akan sedikit berbeda, namun pada dasarnya akan sama.

1. Anda harus mengaktifkan mode pengembang pada Android anda, caranya buka Setting > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > setelah itu anda klik beberapa kali (5-7 Kali klik) pilihan Nomor Versi hingga muncul tulisan Mode Pengembang telah diaktifkan
2. Selanjutnya anda masuk ke Mode Pengembang yang telah anda aktifkan. Mode pengembang ini akan tersedia di bagian bawah menu Setting.

3. Aktifkan Mode Pengembang dan Scroll kebawah dan cari tulisan Paksa izinkan aplikasi di eksternal, lalu Aktifkan.
Dengan anda mengaktifkan fitur ini, akan memaksa aplikasi untuk dapat dipindahkan ke memori eksternal.

4. Langkah selanjutnya adalah memindahkan aplikasi anda ke memori eksternal
Masuk ke Setting > Aplikasi > Cari dan klik aplikasi yang ingin anda pindahkan penyimpanannya > lalu klik bagian Penyimpanan > Klik Ubah > Pilih Kartu SD

7. Akan muncul tampilan konfirmasi bahwa data aplikasi akan dipindahkan, Klik Ubah dan tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Lakukan cara yang berulang dari langkah ke 6 - langkah ke 7 kepada aplikasi-aplikasi yang anda ingin pindahkan ke momori eksternal SD Card.

Cara 3 : Android yang tidak support "Adoptable Storage" dan "Move to SD Card"
Bagaimana jika android saya tidak mendukung fitur adoptable storage maupun move to sd card ?
Tenang, anda masih bisa melakukan pemindahan tersebut, namun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Link2SD.

Aplikasi Link2SD ini punya beberapa fitur untuk pemindahan data aplikasi dari penyimpanan internal ke eksternal SDCard, baik perlu akses root maupun tidak.
Baca : Perbedaan dan Kelebihan Android Root
Semoga Bermanfaat
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Mudah Mengubah Penyimpanan Internal Aplikasi ke Memori Eksternal (SD Card) di Android ini, mari kita berdiskusi di kolom komentar dibawah ini ya, Terima Kasih
Jika bermanfaat, Bantu bagikan artikel ini ke teman anda dengan alamat berikut: Get Short URLloading short url
Lebih Baru
Next Post
Lebih Lama
Previous Post


Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Dengan berkomentar, anda dianggap telah memahami Comments Policy. Terima Kasih